Monday, October 24, 2016

Penyakit Tetelo Yang Mematikan bagi Ayam Bangkok


Agen Sabung Ayam, Palugadabet - Penyakit Tetelo atau Newcastle Disease virus (ND) merupakan salah satu penyakit menular pada ayam yang sangat mematikan setelah flu burung.
Presentase angka kematian pada ayam yang terserang penyakit ini hampir 100% mengalami kematian, dan dapat dipastikan bagi ayam yang terkena penyakit ini akan mati.

Ayam yang terkena penyakit Tetelo ini dapat menyebarkan virus memalui  cairan lendir yang dikeluarkan dari rongga mulut, lubang hidung dan juga kotoran. Virus ini juga dapat menularkan apabila terjadi sentuhan langsung dengan ayam yang terserang virus ini.

Berikut beberapa gejala ayam yang terkena penyakit tetelo :

  • Excessive mucous di trakea.
  • Mengalami gangguan pernapasan yang dimulai dengan sesak napas, batuk, bersin dan terdengar suara seperti orang ngorok saat bernapas.
  • Ayam tampak lesu dan tidak bersemangat.
  • Menurunya nafsu makan dan berkurangnya jumlah produksi telur.
  • Kotoran ayam menjadi encer dan terlihat kehijauan bahkan dapat berdarah.
  • Jengger dan kepala terlihat kebiruan, kornea mata menjadi keruh, sayap menjadi turun, otot tubuh seperti gemetas, kemudian terjadi kelumpuhan yang disertai dengan gangguan sataf yang dapat menyebabkan si ayam kejang kejang.
Obat untuk menyembuhkan penyakit Tetelo ini belum ada sampai sekarang. Penganggulangan yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan cara vaksinasi terhadap ayam yang tidak terkena penyakit ini. Untuk ayam yang telah terserang penyakit ini segera berikan vaksinasi aktiv dan inaktiv, dan apabila ayam yang terkena virus ini mati, langsung segera kita bakar bangkai ayam tersebut.

Berikut beberapa cara pencegahan yang bisa kita lakukan terhadap penyakit Tetelo ini :

  • Ayam yang sudah terserang penyakit Tetelo ini harus segera di pisahkan dan dikarantina agar tidak menular dengan ayam  yang sehat, apabila kondisi ayam yang tertular sudah sangat parah, maka harus melakukan pemusnahan pada ayam tersebut.
  • Harus melakukan vaksinasi untuk memperoleh kekebalan dari penyakit Tetelo ini. Vaksinasi dapat diberikan melalui tetes mata dan untuk selanjutnya dapat memberikan vaksinasi suntik di intramuskuler otot dada.
  • Memberikan tambahan vitamin C dengan dosis rendah, untuk menambah daya tahan dari tubuh si ayam tersebut.
  • Apabila ayam mengalami demam yang disertai rasa sakit, kita dapatberikan paracetamol seperti obat flu, bodrex, panadol, neozep dan inza yang diberikan 1/8 hingga 1/4 bagian sebanyak 2x sehari.
  • Pemberian Vaksin ND (Vaksin untuk Tetelo) haruslah diberikan kepada ayam yang telah berumur 4hari, 4 mingu dan 4 bulan.
Peluang sembuh dari penyakit ini sangatlah kecil karena penyakit ini belum ada obat untuk membunuh virus ND ini. Akan tetapi virus Tetelo/ND ini bisa mati oleh anti septik seperti desinfektan dan deterjen, seperti desinfektan Rodalon yang bisa digunakan untuk menyemprot di sekitar kandang. Desinfektan Rodalon ini pernah dicoba disuntikan ke dalam pembuluh darah ayam yang terkena penyakit Tetelo ini akan tetapi hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian pada ayam tersebut, dan juga jarang sekali yang sembuh setelah disuntikan desinfektan Rodalon ini.

No comments:

Post a Comment