Saturday, October 22, 2016

Tips untuk menghilangkan Kutu pada Ayam


Agen Sabung Ayam , Palugadabet - Kutu adalah hewan parasit kecil yang hobinya menghisap darah dari hewan yang di tumpanginya, tak jauh berbeda dari kutu pada hewan anjing begitupula dengan kutu pada ayam yang disebut juga dengan hama ayam aduan.

Hama ini merupakan binatang yang menempel pada bagian tubuh si ayam, kemudian menghisap sari sari makanan dari tubuh ayam yang ditumpanginnya.
Apabila jumlah kutu pada ayam terlalu banyak, maka akan dipastikan ayam tersebut akan sakit bahkan bisa mati. Walaupun efek dari si hama ini tidak langsung menyebabkan kematian tetapi tetap merugikan karena ayam akan lemas dan mengurangi produktivitas dari si ayam.

Bagi para peternak ayam masalah hama kutu merupakan masalah yang sangat merugikan karena dapat menyebabkan si ayam tersebut mati. Infeksi kutu dapat juga mempengaruhi komsumsi makanan yang menurun drastis sehingga menyebabkan penurunan berat badan si ayam, apabila anak ayam terserang kutu ini maka anak ayam tersebut akan mati.

Adapun jenis hama yang menggangu khusus induk ayam betina yang disebut dengan gurem. Gurem merupakan parasit yang sangat sering mengganggu induk ayam betina pada saat mengerami telur, sehingga besar kemungkinan telur tidak menetas.

Berikut beberapa gejala ayam yang terjangkit kutu/gurem :
  • Untuk awalnya ayam akan merasa gatal gatal pada bulu ekornya.
  • Kemudian rasa gatal itu berlanjut ke seluruh tubuh si ayam, kemudian sayap menjadi turun dan kondisi si ayam  menjadi lemas.
  • Gurem biasanya menyerang ayam yang sedang mengerami telurnya. tetapi besar kemungkinan ayam lain juga di serang  oleh gurem.
Berikut beberapa tips untuk menghilangkan kutu/gurem pada ayam :
  • Jerami  tempat untuk mengeram selalu barus dan sebelumnya harus di jemur di bawah sinar matahari.
  • Menyebarkan ranjang tembakau di kandang, dan juga bisa menggunakan air rendaman tembakau kemudian menyemprotkan  di sekitar kandang.
  • Dapat menggunakan kapur ajaib yang bisa kita haluskan kemudian kita taburkan pada bulu ayam dan di kandang.
  • Bisa juga menggunakan bengle ( sejenis jahe) yang di parut, dan kemudian airnya disemprotkan di tubuh yang  terkena kutu.
  • Atau bisa juga menggunakan oli bekas yang kita olehkan di tubuh ayam yang terkena kutu, dan kita juga bisa  mengoleskan pada kandang secara merata.

No comments:

Post a Comment