Saturday, October 22, 2016

Mengenal Penyakit Pilek Pada Ayam


Agen Sabung Ayam, Palugadabet - Penyakit pilek ayam atau yang disebut dengan SNOT/Coryza merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari Haemophillus Gallinarum, bakteri ini sering kali menyerang pada anak ayam.
Penyakit ini muncul karena pengaruh dari musim yang sering berganti ganti dan kesehatan serta ketahanan anak ayam yang kurang.

Penyakit Snot ini sering ditemukan pada peternakan peternakan yang berada di daerah tropis, penyakit ini tidak memandang umur dari si ayam, baik anak ayam dan ayam dewasa dapat terkena penyakit ini. Penyakit ini tergolong sangat berbahaya karena hampir 30% anak ayam yang terkena penyakit ini akan mati.

Berikut gejala yang ditumbulkan karena penyakit Snot/Coryza :

  • Anak ayam selalu mengantuk, dan kurang bergairan yang disertai dengan sayapnya turun.
  • Hidung dari anak ayam yang terkena penyakit ini akan mengeluarkan lendir kental yang berwarna kuning dan memiliki bau.
  • Muka dan mata dari si anak ayam akan bengkak.
  • Muncul kerak kerak pada hidung si anak ayam.
  • Akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga tembolok akan kempes.
  • Jika saat bernafas, anak ayam akan seperti mengorok dan sulit untuk bernapas.
  • Menghambat pertumbuhan si anak ayam.
  • Mata anak ayam terkadang akan tertutup lama dan tidak dapat terbuka kembali.

Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan secara kimia dan tradisional juga, pengobatan yang diberikan kepada ayam yang terkena Snot adalah dengan memberikan obat tipe preparat sulfat seperti sulfadimenthoxine atau juga bisa dengan sulfathiazole. Pemberian antibiotik seperti imequil, ultramycin, corivit dan juga dengan suntikan sulfamix dosisi rendah sangat evektif untuk ayam yang sudah terkena penyakit Snot sangat parah.

Pengobatan tradisional untuk penyakit Snot ini dapat disembukan dengan memebrikan vitamin terhadap anak ayam yang terkena penyakit ini dengan memberikan susu bubuk dan juga tambahan tanaman obat seperti Lobak, Bawang putih, Bawang Merah, dan juga Jahe.

Penyakit Snot/Coryza ini dapat menular dengan sangat cepat, apabila ada ayam yang terkena penyakit ini harus segera dipisahkan dari ayam yang sehat.

No comments:

Post a Comment