Saturday, October 15, 2016

Jenis Jenis Ayam Petarung Dari Jepang


Agen Sabung Ayam, Palugadabet - Jenis Ayam Aduan yang bagus bisa dibilang harus memiliki gaya bertarung yang khusus sesuai dengan jenis - jenis ayam aduan tersebut.

Ayam Petarung dari Jepang yang bisa disebut O-Shamo memiliki beberapa jenis Ayam Petarung dan memiliki gaya bertarung berbeda beda yang disesuaikan dengan postur dan keadaan fisik ayam tersebut.

Ayam jenis Shamo termasuk dalam ayam yang memiliki kekuatan serta stamina yang tinggi, dan juga terkenal dengan ciri khasnya yaitu memiliki mental yang tinggi, keganasan dan keberanian dalam berlaga.

Banyak peternak Jepang menjelaskan Ayam petarung di Jepang memiliki beberapa nama seperti Koyama Shamo, Suzuki Shamo, Makino Shamo, Teramoto Shamo dan Seto Shamo, namum hanyalah Ayam Shamo yang terkenal  diantara para peternak.
Menurut peternak Jepang O-Shamo ( Shamo kelas berat ) dan Chu-Shamo ( Shamo kelas menengah ) yang berlaga di arena Jepang hanya menggunakan taji yang tumpul, tidak pernah menggunakan baja atau taji buatan.

BERIKUT BEBERAPA JENIS AYAM PETARUNG DI JEPANG, SELAIN DARI JENIS O-SHAMO :

  • TOSA CHIBI

Tosa Chibi merupakan keluarga jenis Ayam Shamo terkecil yang beratnya hanya 750gr.
Ayam Tosa Chibi ini telah menjadi ayam yang langka. Jenis ayam ini berasal dari
keturunan ayam Ko-Shamo.
Meskipun memiliki postur tubuh yang kecil, namum jenis ayam ini tetap esktrim dalam berlaga.

  • KO-SHAMO

Jenis Ko-Shamo memiliki postru tubuh yang tegak. Karakter ayam ini sangatlah berbeda dengan jenis yang lainnya karena mereka memiliki karakter yang tidak kenal takut dan sangat ramah dengan yang memeliharanya bahkan anak - anak dapat bermain bersama ayam ini.

  • TAUZO / NANKIN-SHAMO

Menurut cerita sejarah di Jepang, ayam ini hanya dipelihara oleh keluarga bangsawan Jepang, namun anehnya peternak Jepang tidak tahu mengenai ayam jenis Tauzo / Nankin-Shamo ini. Menurut beberapa peternak di Jepang, ayam ini pernah dikenal dengan nama Kubota.
Postur ayam jenis ini memiliki mata jernih seperti mutiara, pial belah tiga.
Warna pada wajah, adalah merah kehitaman tergantung pada warna bulunya. Pada warna bulu, lebih dominan warna kuning atau hitam semua pada betis.
Banyak menyebutkan Ayam Nankin-Shamo memiliki taji berwarna hitam dan menurut sejarah Jepang ayam ini juga memiliki lidah berwarna hitam.

  • YAMATO

Yamato murni / asli memiliki kepada besar dan berdaging. Pada wajah terlihat kulit berkeriput seperti kulit jeruk purut.
Mempunyai bidang dada yang lebar dan bulat pada bagian depan. Ayam ini memiliki panjang menengah tetapi memiliki kaki tebal.
Ayam ini memiliki bulu yang jarang sehingga memperlihatkan memiliki tubuh yang kuat dan berotot, namu ayam jenis ini terbilang susah untuk berkembang biak.

  • YAKIDO

Ayam jenis Yakido ini mirip dengan Shamo biasa tetapi Yakido merupakan hasil kawin yang disilangkan dengan Chu-Shamo. Di Jepang ayam jenis ini diciptakan secara khusus untuk bertarung "Underdog" atau melawan musuh yang memiliki ukuran tubuh lebih besar seperti jenis Shamo. Ayam ini hanya memiliki warna hitam secara keseluruhan dan penampilannya mirip dengan jenis Shamo.

  • CHU-SHAMO

Ayam jenis Chu-Shamo termasuk ke dalam kelas ringan jika dilihat dari beratnya bobot ayam yang sudah dewasa hanya 3.5kg bahkan hanya 3kg

  • SATSUMADORI

Ayam jenis ini dikembangkan untuk berlaga di petarungan tipe cepat. Mereka bertarung hanya dengan 1 knive dalam permainan jangka pendek. Ayam ini akan menjadi sangat agresif termasuk pada pemiliknya. Memiliki bobot badan dengan berat 3750gram untuk jantan dan betina 2810gram. Bahkan untuk ayam muda jenis ini bobot mereka bisa mencapai 3190gram.

  • KOEYOSHI

Jenis ayam ini relatif di ternakan hanya untuk mengikuti kontes berkokok. Ayam terbaik dari jenis Koeyoshi ini dapat berkokok hingga 20 detik dalam satu kokokan saja.

Itulah beberapa jenis Ayam Petarung yang ada di Jepang.
Demikian Informasi dari kami mengenai Jenis - jenis Ayam Petarung Di Jepang

No comments:

Post a Comment