Wednesday, October 19, 2016

Keunikan Ayam Hias Asli dari Kanada dan Italia


Agen Sabung Ayam, Palugadabet - Permainan Sabung Ayam sudah banyak dikenal oleh masyarakat dari berbagai macam negara termasuk dari Indonesia sendiri. Selain Sabung Ayam ternyata Ayam Hias juga memiliki banyak penggemar. Jenis Ayam Hias yang banyak diminati haruslah mempunyai ciri yang unik agar bisa mejadi daya tarik bagi para penggemar Ayam Hias.

Salah satu jenis Ayam Hias yang terbilang unik adalah Ayam Batik yang berasal dari Kanada dan Italia. Ayam ini mempunyai motif seperti kain Batik pada corak bulunya, dan menjadi daya tarik dari ayam ini sendiri.

Ayam Batik Kanada bisa dibilang Ayam Sebright yang merupakan jenis ayam yang berasal dari inggris. Ras ayam jenis Sebright mempunyai keunikan pada bulu tubuhnya dan ekornya , dimana ayam ini mempunyai bulu yang bercorak batik.

Di Indonesia sendiri ayam jenis ini dikenal dengan nama Ayam batik Kanada, dan Ayam Batik ini mempunyai warna coklat dan gold pada corak

Sedangkan untuk Ayam Batik Italia tidak ada perbedaan corak pada bulunya dan sama seperti Ayamg Batik Kanada, yang menjadi perbedaan utama dari Ayam Batik Italia adalah warna dari ayam tersebut, dimana Ayam Batik Kanada berwarna Coklat dan Gold, sedangkan Ayam Batik Italia berwarna Silver.

Ayam Batik sendiri termasuk dalam kategori ayam pendatang, karena ayam ini sebenarnya berasal dari luar Indonesia tetapi bibit dari ayam ini sudah dikembang biakan di Indonesia. Ayam Batik sendiri mempunyai postur tubuh yang tidak terlalu besar dan hanya mempunyai bobot 500gram saja dan cocok masuk ke dalam golongan Ayam Hias.

Usia Produktif dari ayam ini untuk bertelur berkisar dari 5 sampai 6 bulan, tetapi akan lebih bagus jika usianya 8 sampai 12 bulan. Ayam betina dari jenis ini dapat bertelur sekitar 6 sampai 7 kali dengan jumlah telur sekitar 10 butir.

Dalam perawatan Ayam Batik ini membutuhkan asupan makanan seperti tepung ikan, ampas kedelai, bekatul dan juga jagung giling hal ini dapat membantu Ayam Batik yang sedang bertelur agar kulit cangkang telur tidak mudah retak pada saat dibiakan.

Meskipun ayam batik ini mempunyai ukuran tubuh yang mini tetapi harga pasaran dari Ayam Batik masih terbilang lumayan tinggi, jika dilihat dari kualitas keunikannya ayam ini berkisar sekitar Rp300.000 untuk ukuran dewasa dan Rp100.000 untuk anakan yang masih berusia 1 bulan.

No comments:

Post a Comment